Monday, October 3, 2016

Kopi Ijo, kopi khas dari Tulungagung


Kopi ijo merupakan minuman khas dari Tulungagung . Kopi ijo sendiri berbeda dengan kopi-kopi lain (single coffee) seperti kopi aceh gayo,kopi papua wamena ataupun kopi bali kintamani tetapi lebih mirip dengan minuman khas daerah seperti dawet jepara,es oyen bandung dan cendol dari kaskus . Ada juga yang merasa bahwa kopi ijo lebih mirip dengan kopi luwak karena meiliki cita rasa yang unik jika dilihat dari prosesnya,tapi tenang saja proses kopi ijo bukan dari kotoran hewan melainkan cara memasaknya yang menggunakan alat-alat tradisional dan harus tlaten (teliti dan sabar) ada juga yang mengatakan bahwa pembuatan kopi ijo menggunakan bahan tambahan lain.

Mengenai asal-usul mengapa disebut kopi ijo mungkin karena kopi ini berwarna hitam kehijau-hijauan, dan menurut saya nama ini cocok karena kopi yang memiliki nama yang unik ini memang memiliki cita rasa yang unik beda dengan kopi-kopi lain yang pernah ane coba,apalagi dengan penambahan kata ijo yang berkesan alami dan masih menggunakan alat tradisional dalam pembuatanya,bahkan masih menggunakan kayu bakar untuk proses memasaknya.


Di kota asalnya sendiri yaitu Tulungagung kopi ijo sudah sangat merakyat ditelinga masyarakat , tapi sayang kota tetangga masih belum mengetahui minuman kopi khas tersebut, bahkan sewaktu teman saya memesan kopi ijo di kota tetangga pemilik warung malah terheran dan tertawa karena belum mengenal minuman kopi ijo dan mungkin dikiranya kopi ijo hanyalah candaan dari teman saya.Nah,dalam thread ini saya juga sedikit berbagi informasi mengenai kopi ijo kpada para penduduk kaskus,agar minuman khas daerah saya ini lebih dikenal luas.


Khasiat Kopi ijo untuk kesehatan masih belum diketahui ,dan perbedaan kandungan kafein ataupun zat lain antara kopi ijo dan kopi biasa juga masih belum diketahui ,dan mungkin belum ada yang pernah menelitinya. Tetapi kopi ijo ini terkenal bukan karena khasiatnya untuk kesehatan ataupun obat alternative melainkan terkenal karena memiliki cita rasa yang sangat unik. Yang jelas kopi ijo ini sangat bagus untuk menemani aktivitas malam,pagi,sore maupun siang. Bahkan gara-gara kopi ijo ini banyak café pendatang yang gulung tikar, dan hanya menyisakan café-café yang cewek banget.


sumber gambar: google.com & kaskus.co.id
sumber artikel: kaskus.co.id

3 comments: